gallery/g_
gallery/fb_icon
gallery/instagramlogo
gallery/become-a-coach-ebanner4

TIPS digital marketing 2017 : digital instant buying vs digital process buying 

Oleh Ari Nugrahanto - 22 Desember 2016

Patut dipahami bahwa memahami karakteristik bisnis anda dulu sebelum menggunakan strategi apa di dunia digital adalah hal utama untuk memenangi bisnis di tahun 2017. Pengguna internet yang sekarang 132,7 juta orang (data APJII 2016) akan terus meningkat yang saya prediksikan sampai dengan 2 tahun ke depan mendekati 200 juta orang, akan memaksa anda untuk go digital secara total. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah periksa kembali bisnis anda apakah mempunyai merek yang sudah dikenal dan mempunya reputasi sangat baik sehingga prospek anda tidak perlu melakukan proses ‘check’ terhadap produk atau jasa anda ? contoh misalnya kalau anda kebetulan adalah distributor sebuah merek telpon genggam yang sudah dijual di Indonesia cukup lama dan mempunyai tanggapan baik dari pengguna, maka anda akan dengan cepat mendapatkan keputusan pembelian secara instant. Tapi kalau anda mempunyai merek sendiri dan usia bisnis masih dibawah 5 tahun maka anda harus menggunakan strategi proses pembelian digital. Jangan khawatir, produk dan jasa anda juga secara bertahap akan mendapatkan predikat sebagai bisnis yang mendapatkan Digital Instant Buying Product Type.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



sederhana adalah melalui website atau landing page yang sudah anda miliki. Pastikan website atau landing page anda memiliki isi mengenai testimonial atau komentar positif pelanggan anda, merek lokal yang pernah memakai produk atau jasa, video, press release dari media, artikel dan no.telp pelayanan pelanggan (ini yang sering tidak disediakan).

Terakhir adalah lakukan pengelolaan website,landing page, media sosial dan semua asset digital anda secara berkala dan konsisten. Latih tim anda untuk berkontribusi bukan hanya bekerja untuk anda. Kolaborasi tim anda adalah salah kunci kesuksesan strategi digital marketing bisnis.
 

gallery/instantbuying

Langkah kedua adalah menentukan strategi mana yang mau anda terapkan. Strategi digital pembelian instant lebih sederhana karena tidak perlu melakukan penjelasan mengenai produk atau jasa yang anda tawarkan. Cara ini anda gunakan penawaran tambahan nilai (added value) dari harga yang anda tawarkan. Tidak selalu ‘discount’ tapi berikan pembelian paket hemat. Beli 2 dapat 1 lebih baik daripada hanya memberikan  potongan harga. Strategi berikutnya adalah pembelian digital dengan melalui prosess karena memerlukan pembelajaran lebih dari prospek secara digital. Check produk atau jasa secara digital paling