gallery/g_
gallery/fb_icon
gallery/instagramlogo
gallery/become-a-coach-ebanner4

tips bisnis : 4 cara praktis membangun 'kenalan bisnis' di setiap seminar atau workshop

Oleh Ari Nugrahanto - 23 November 2016

 

Saya dan anda mungkin mempunyai pandangan dengan beberapa seminar atau workshop yang sering diadakan itu tidak memberikan hasil yang diiniginkan. Dari pendapat yang hanya mengatakan bahwa semua event itu adalah teori dan susah untuk di praktekan. Apalagi yang membawakan dan partisipan bukan dari kalangan yang mempunyai kadar pengalaman yang relatif sama dengan pemilik bisnis. Tapi masih ingat dengan pribahasa “Nasi sudah menjadi bubur, mending kita kasih ayam dan jadi bubur ayam ‘? Hehehe..Tentunya ini hanya karangan saya saja untuk selalu akuntabel dan menjadi motivasi diri ( jadi tidak perlu minta tolong orang lain untuk diberikan motivasi).

Dalam setiap seminar atau workshop yang saya ikuti ada beberapa pengalaman praktis yang akhirnya berujung mendapatkan ‘kenalan-bisnis’ yang terus bisa saya tingkatkan menjadi ‘sahabat-bisnis’. Bukan hanya sekedar ‘relasi-bisnis’, karena para sahabat itu tidak hanya datang pada saat kita bahagia, tetapi justru membantu anda pada saat membutuhkan pertolongan.
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikut adalah beberapa tips pengalaman saya dalam mengikuti beberapa seminar/workshop dan mendapatkan hasil berlipat-lipat dari apa yang saya diinginkan :

1. Pastikan bahwa pembicara adalah seorang pelaku atau praktisi yang sudah mempunyai pengalaman atau dari sebuah institusi ternama dan terdapat di berbagai belahan dunia. Karena untuk bisa berada didalam perusahaan itu harus sudah mempunyai standard sendiri.


2. Check dan Tanyakan peserta yang hadir adalah sesama pemilik bisnis yang sudah mempunyai pengalaman dan pola pikir untuk berkembang.

3. Jangan selalu duduk di tempat yang sama dengan orang yang sama,berpindah-pindahlah setelah atau sehabis coffee break atau lunch. Dapatkan kesempatan untuk menggali ilmu dari setiap orang yang datang, jangan hanya berharap mendapat ilmu dari pembicara saja.

4. Tanyakan minimal 3 strategi apa yang diterapkan oleh sesama partisipan sehubungan dengan judul materi pada saat itu. Paling tidak anda mendapat lebih dari 30 strategi baru apabila anda bisa menanyakan hal tersebut kepada 10 orang saja.

5. Jangan lupa untuk menanyakan nama,no.telp,email dan setting waktu untuk bertemu kembali dengan para sesama partisipan. Usahakan untuk saling mengundang ke dalam sosial media yang dimiliki masing-masing pemilik bisnis.

Kesimpulannya sahabat bisnis, fungsi ‘manusia’ anda jangan sampai terkalahkan dan dilupakan karena teknologi informasi. Jabat tangan, bertemu dan berbicara langsung masih menjadi penentu keberhasilan dalam membangun bisnis anda. Jadi kalau anda setuju, datang ke sebuah acara seminar atau workshop, jangan menjadi orang non-sosial tetapi menjadi manusia yang sebenar-benarnya. Mudah-mudahan bermanfaat, Amin!
 

gallery/seminar